Official Website

Cikal Bakal SMAN 10 Jakarta

Sebelum kita masuk ke pembahasan soal ada apa saja sih di SMAN 10 Jakarta dan bagaimana rasanya bersekolah di sini, alangkah baiknya kalau kita tahu dulu nih sejarah dari berdirinya sekolah ini. Awalnya sekolah ini merupakan cabang dari SMAN 2 Jakarta Barat, didirikan pada tanggal 16 Agustus 1962 dengan mengambil lokasi di SMPN 17 Jakarta. Saat itu, SMA ini dipimpin oleh kepala sekolah pertama mereka yaitu T.B. Zakaria. Tiga tahun setelah berdiri, SMA ini melebarkan sayap dengan membuka kelas jauh yang bertempat di Pademangan Timur yang kemudian berkembang menjadi SMAN 15 Jakarta. Kemudian, di tahun 1974 mereka kembali mengadakan kelas jauh di Pademangan IV yang selanjutnya sekolah ini berkembang menjadi SMAN 40 Jakarta.

Kini SMAN 10 Jakarta yang berlokasi di kecamatan Sawah Besar, kota Jakarta Pusat menjadi salah satu sekolah yang recommended buat para sobat jika ingin melanjutkan sekolah ke SMA negeri yang ada di Jakarta. Sekolah yang sudah berdiri selama hampir 62 tahun ini sudah mengantongi akreditasi A yang berarti sangat baik. Sekolah ini sama seperti kebanyakan SMA pada umumnya memiliki dua penjurusan utama yaitu IPA dan IPS dengan jumlah kelas sebanyak 5 di tiap tingkatan.

Apa Saja sih Fasilitas dan Ekstrakulikuler di SMAN 10 Jakarta?

Bicara soal fasilitas di SMAN 10 Jakarta, sekolah ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap lho, sobat! Untuk menunjang kegiatan fisik alias berolahraga, sekolah ini menyediakan lapangan-lapangan yang beragam, ada lapangan futsal, basket, dan juga voli. Kalau sobat mau mencari materi untuk mengerjakan tugas atau sekadar baca-baca, sudah ada perpustakaan yang siap menyediakan berbagai buku untuk menunjang segala kebutuhan. Di sekolah ini juga ada beberapa laboratorium, yaitu lab kimia, komputer, dan juga bahasa. Terakhir, sekolah ini juga menyediakan fasilitas umum seperti musala, parkiran, dan kantin.

Nah, kalau ekstrakulikulernya ada apa saja, sih? Berikut daftar ekstra kulikuler di SMAN 10 Jakarta yang bisa sobat ambil kalau bersekolah di sini!

  • Basket
  • Bulu Tangkis
  • Futsal
  • Taekwondo
  • Pencak Silat
  • Pramuka
  • Palang Merah Remaja (PMR)
  • Paskibra
  • Rohani Islam (Rohis)
  • Rohani Kristen (Rokris)
  • Karya Ilmiah Remaja (KIR)
  • Komputer
  • Jurnalistik
  • Teater
  • Paduan Suara
  • Band
  • Tari Kreasi
  • Dance Modern

Ulasan dari Alumnus SMAN 10 Jakarta

tiba deh saatnya kalian baca ulasan tentang SMAN 10 Jakarta langsung dari alumnusnya! Kali ini admin mengajak Rarindra Kurnia Sejati, salah satu alumnus yang sekarang merupakan mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta untuk berbagi cerita dan pengalamannya selama bersekolah di sini. Simak Q & A-nya sampai habis, ya!

Q: Bagaimana sih pengalaman kamu selama bersekolah di SMAN 10 Jakarta?

A: Pengalaman selama sekolah di sana begitu menyenangkan, di mana saya bisa melakukan eksplorasi banyak hal. Salah satunya adalah kegiatan literasi di setiap hari Rabu yang mewajibkan siswa membawa buku bacaan baik itu fiksi maupun non-fiksi, atau kita juga boleh menulis karya sastra yang nantinya akan dipajang di mading. Program ini sangat membekas di hati saya hingga saat ini.

Q: Bagaimana kualitas guru-guru yang mengajar di sana? Dan, apakah ada cara mengajar mereka yang menurutmu menarik?

A: Guru-guru di sana cukup kreatif dan terampil dalam mengajar kami, banyak inovasi yang mereka lakukan agar kami tidak bosan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sebagai salah satu contoh, guru Sosiologi di sana yang bernama Bu Ratih. Beliau mengajar kami dengan cara yang unik, seperti satu hari belajar di perpustakaan, melakukan riset atau tugas analisis penelitian ilmiah, bermain games, dan banyak hal-hal lainnya yang seru bersama beliau. Tiga jam pelajaran bersamanya seolah terasa hanya satu jam. Tak hanya hal itu, sekolah juga memfasilitasi tutor yang ahli untuk melakukan bimbingan belajar setiap hari Sabtu untuk siswanya yang mengikuti lomba olimpiade.

Q: Di SMAN 10 Jakarta kan banyak ekstrakulikuler, kamu pernah ikut salah satunya tidak? Boleh juga dong ceritain pengalaman atau manfaat selama ikut ekskul di sana!

A: Saya pernah mengikuti tiga ekstrakurikuler di sana. Pertama, Palang Merah Remaja (PMR), pengalaman di sana sangat menyenangkan sekali. Seringkali kami latihan gabungan dengan sekolah-sekolah lain atau melakukan Jumbara. Kedua, saya mengikuti ekstrakurikuler Pramuka, di mana saya menjadi anggota inti. Banyak sekali pengalaman di sana yang membuat jiwa kepemimpinan saya muncul, dan semenjak saya mengikuti ekstrakulikuler Pramuka saya menjadi lebih berani untuk berbicara di depan umum. Ketiga, yang paling berkesan dalam hidup saya walau hanya terasa singkat. Di akhir tingkat kelas, saya dan beberapa teman saya diamanahkan untuk membentuk ekstrakurikuler baru yang berkenaan tentang sastra. Di sana kami belajar caranya menulis karya sastra, membedah isi karya sastra, dan sebulan sekali kami melakukan kunjungan ke Perpustakaan Nasional.

Q: Bagaimana soal transportasi menuju ke SMAN 10 Jakarta?

A: Akses transportasi menuju SMAN 10 Jakarta sangat-sangat terjangkau karena terletak 200 m dari Stasiun Mangga Besar. Saya yang berdomisili di Bogor setiap hari melakukan pulang pergi menggunakan KRL. Tak hanya saya, banyak siswa yang rumahnya di Bekasi, Cikarang, bahkan Tangerang setiap hari pulang-pergi menggunakan kereta api. Untuk itu, setiap pagi dan sore Stasiun Mangga Besar dipenuhi oleh siswa di sekolah kami. Kepala sekolah menyebut kami Roker (Rombongan Kereta) untuk yang setiap hari PP menggunakan kereta, hehe.

Q: Kamu kan sekarang berstatus sebagai mahasiswa, nih. Sebenarnya, dulu pihak sekolah tuh aktif gak sih membantu persiapan siswanya untuk menghadapi kehidupan setelah lulus SMA?

A: Sangat membantu sekali apalagi pihak guru BK. Saya dan teman-teman dibebaskan untuk melakukan konseling mengenai kuliah kapan saja bahkan di jam kosong. Saya sendiri diterima di salah satu PTN di Jakarta menggunakan jalur SNMPTN atau kini disebut SNBP. Banyak guru mata pelajaran maupun guru BK yang sering mengingatkan kami untuk bisa menjaga nilai di tiap semesternya agar bisa diterima melalui jalur itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *